Rabu, 19 Desember 2012

Tempuh 207 Km, All New Ford Focus Sedan Cuma Butuh 14 Liter !

All New Ford Focus Fuel Efficiency Challenge yang berlangsung di Bali selama 12-14 Desember kemarin akhirnya resmi mendapatkan rekor baru dengan tingkat konsumsi bahan bakar sebesar 1:14,6 Km/l.


Meski ada dua varian yang diikut sertakan, namun efisiensi terbaik sukses direbut All New Ford Focus Sedan yang kebetulan ditumpangi oleh awak redaksi BosMobil juga beberapa rekan media lainnya dengan jarak tempuh sejauh 207 Km, total waktu berkendara 5 jam 27 menit dan hasil top up kembali sebanyak 14,160 liter.



Jangan hanya melihat dari segi jarak, karena dalam fuel efficiency challenge All New Ford Focus di Pulau Dewata ini medan yang dilalui cukup bervariatif dan mengambarkan situasi layaknya berkendara sehari-hari. Selain itu kondisi mobil pun telah disesuaikan, serta diberi segel pada tangki bensin, AC, ban, juga pada speaker voice control untuk mencegah pengaturan AC melalui voice command yang dilakukan oleh BPPT.
Bppt
Mengusung tajuk Chasing the Sun maka lokasi awal dimulai saat matahari terbit pukul 5:30 di Pantai Sanur, sedangkan Tanah Lot menjadi lokasi finish saat matahari tenggelam.

Medan yang dilalui cukup beragam, mulai dari pusat keramaian kota, sampai kawasan pegunungan di Kintamani dan juga Bedugul yang mengharuskan All New Ford Focus melaju dalam posisi menanjak disertai tikungan tajam.

Setibanya di Tanah Lot, ke-7 All New Ford Focus yang terdiri dari 3 sedan dan 4 hatchback langsung kembali ditop up ulang oleh BPPT untuk mengetahui berapa liter konsumsi BBM yang habis digunakan untuk menempuh perjalanan tersebut. Agar lebih adil, penilaian pun dihitung tak hanya dari segi angka pengisian kembali, namun juga dari jarak tempuh, waktu, kecepatan rata-rata dan juga berat penumpang di dalamnya.
Untuk All New Ford Focus hatchback konsumsi BBM terbaik diraih sebesar 14,080 dengan jarak tempuh 205 Km, sedangkan terboros 11.926 liter.

teks/foto: stanly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar