Senin, 07 Januari 2013

Honda All New CR-V 2.4 Prestige - Just Fresh From Outside !!

Renovasi yang dilakukan oleh Honda untuk SUV terbarunya, New Honda CR-V bisa dibilang cukup frontal dengan tampilan barunya yang sangat berbeda jauh dari generasi sebelumnya.

Mobil yang pertamakali kehadiranya pernah tertangkap lebih dulu oleh awak redaksi BosMobil ini benar-benar menyuguhkan tongkrongan baru tak hanya dari segi desainya saja, namun juga dari fitur dan teknologi yang ditawarkan. Lalu apa saja ubahan signifikan dari generasi ke-4 Honda CR-V ini, simak bedahan ringannya dibawah ini.



Desain

"Sosoknya lebih anggun tanpa banyak lekukan yang membuatnya terlihat lebih simple, namun tetap mengusung citra kemewahan tersendiri dikelasnya."

Seperti yang telah diungkapkan, wajah baru dari CR-V memang terlihat lebih simple dari generasi sebelumnya. Desain chrome front grill dan juga bumper baru memberikan efek kolaborasi elegan dan sporty dari tampilan depannya. Lampu utama seakan menyatu dengan bonet depan memberikan efek tampilan depan lebih ramping dan aerodinamis.

Sedangkan garis  tebal disekujur dibagian sisinya seakan menegaskan citra rasa dari sebuah kendaraan SUV yang dikolaborasi dengan ornament chrome mulai dari door handle sampai dengan list yang melingkari dibagian sisi kacanya.

Masuk kebagian belakang, bila dulu bokongnya terlihat besar dan padat sekarang buritan all new CR-V telah dipapas habis dengan desain unik yang bisa dibilang tak lazim dengan bentuk cembung dibagian atas namun tetap terlihat ramping.

Akibatnya porsi dimensi kaca bagian belakang menjadi lebih kecil dibandingkan model sebelumnya. Tampilan baru dari generasi ke-4 all new CR-V ini juga makin terlihat fresh dengan dukungan pelek alloy berdimensi 18" juga antena sirip hiu yang kebanyakan hinggap dikendaraan premium.

Di sektor interior ubahan total juga cukup terasa dengan desain baru pada tatanan dashbordnya. Tampilan ringan pada bagian interior merunjuk pada kesan kesederhanaan yang diimbangi dengan sentuhan nilai prestise dengan adanya ornament Wooden Texture juga layar MID dibagian tengah sebagain pusat informasi. Panel instrument telah tertata rapi dibagian kemudi dengan tujuan memberikan daya ergonomis bagi pengendaraanya.

Sayangnya Honda memangkas nilai kemewahan dibagian interior dengan menghilangkan fitur arm-rest dibagian pengendara dan penggunaan material trim plastik pada bagian door trim yang membuatnya tak semewah generasi sebelumnya.

Performance

Bermodalkan teknologi mesin DOHC i-VTEC berkapasitas 2.354 cc, all-ne CR-V diklaim mampu mengantarkan tenga sebesar 190 PS pada 7000 rpm. Saat mesin dinyalakan melalaui tombol start n stop, suara mesin terdengar cukup halus hingga kebagian kabin dalam, tuas transmisi di geser ke posisi D mobilmobilpun mulai berjalan pelan.

Ngebet pengen merasakan sensasi putaran mesinnya, sesaat setelah masuk ke jalan Tol pedal gas yang terhubung dengan Drive by Wire langsung kami injak habis yang membuat putaran mesin berubah drastis menjadi lebih responsif meski di tarikan bawahnya sedikit lamban. Menempuh dari titik 0 hingga 100 bukan perkara susah untuk CR-V yang memiliki tubuh lebih ringkas dari sebelumnya, terlebih Honda juga menyatakan bahwa tenganya naik 10 PS dari varian sebelumnya.

Tak puas merasakan tarikanya hanya di posisi D, tingal geser tuas hingga ke posisi S dan manfaatkan fitur baru berupa paddel shift yang berapa di balik kemudi layaknya Honda Jazz matik dan Civic. Disini anda dapat merasakan resposifitas lebih dari sebelumnya, ketika pedal gas diinjak mesin akan sedikit mengerung disertai dengan indikator warna lampu pada spidometer yang berubah menjadi putih yang menandakan anda dalam posisi RPM tinggi dan diatas kecepatan ekonomis.

Bicara soal handling, CR-V baru ini juga terasa lebih greget dari sebelumnya. Bermanuver lincah saat menyalip beberapa kendaraan diruas tol seakan tak menjadi beban untuk seukurannya, melintasi jalur berliku efek limbung juga sangat minim terasa.

Bila anda ingin melatih keterampilan berkendara dalam mode yang lebih ekonomis, tinggal tekan tombol ECON yang berada di samping kemudi, gambar berbentuk daun akan muncul di spidometer dan lampu bar pun akan berubah menjadi hijau. Selama inidikasi lampu hijau menyala berarti menandakan cara mengemudi anda yang cukup baik dalam hal keiritan bahan bakar.

Comfort

Setatusnya sebagai sebuah SUV premium rupanya tak membuat all-new CR-V melupakan sisi kenyamanannya. Dalam hal visibilitas, pandangan mata kearah depan cukup tersaji dengan baik berkat adanya tatanan dashboard segaris yang mencerminkan sisi kelapangannya. Namun begitu, akibat dimensi kaca yang lebih kecil dibagian belakang membuat pengendara memiliki cakupan pandang yang terbatas dan tidak leluasa.

Ruang kabin yang lapang juga menjadi modal CR-V dalam memberikan kenyamanan. Legroom mulai dari baris pertama hingga kedua terbukti ampuh mengakomodir penumpang dewasa, sedangkan masalah penempatan barang bisa ditampung dibagasi belakang yang lebih luas dari generasi sebelumnya.

Masih kurang ? Silakan lipat jok baris kedua hanya dengan menekan tuas dibagasi belakang secara otomatis kursi akan terbelah dan melipat menjadi dua sisi yang memberikan kelapangan lebih untuk menampung barang bawaan.

Meski terbilang nyaman tapi masih ada yang perlu digaris bawahi. Hilangnya armrest pada bagian jok pengendara dan material trim plastik sedikit berdampak negatif yang membuat penilaian bahwa interiornya telah di downgrade. Lebih lagi kesenyapan ruang kabin juga berkurang bila dibandingkan CR-V sebelumnya.

Fitur

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, bukan hanya desain baru saja, melainkan fitur baru juga turut dibawa oleh all-new Honda CR-V.

Beberapa diantaranya adalah tombol ECON yang telah dibahas sebelumnya dan berguna menekan konsumsi bahan bakar sekaligus mengedukasi prilaku berkendara sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang efesien. Bila anda berkendara dengan baik, maka sistem akan membaca dan memberikan sinyal pada spidometer dengan lampu hijau. Sebaliknya ketika anda terlalu menginjak pedal gas dalam-dalam, maka indikator berubah menjadi putih.

Beberapa fitur baru lainnya yang dapat dijumpai pada all-new CR-V adalah tombol start n stop, paddle shift,  Hill Start Assist, audio control pada pengemudi lengkap dengan cruis control serta layar MID yang terpampang dibagian tengah dashboard sebagai pusat informasi yang juga bisa dijadikan sebagai dekstop wallpaper kesayangan anda.

Rasanya Honda sedikit tanggung, karena CR-V anyar ini harusnya bisa sedikit berkelas dengan adanya aksesories sunroof ataupun panoramicroof seperti yang telah diterapkan lebih dulu oleh kompetitornya. Bahkan yang lebih disayangkan dengan minimnya pengliatan pada kaca belakang Honda tak langsung melengkapinya dengan fitur rear camera parking atau pun sensor parking. Jadi harap sedikit berhati-hati bila sedang parkir ataupun memundurkan si SUV premium ini.

Segi safety tak perlu dipertanyakan atau diragukan lagi. Hal sudah seperti mendarah daging bagi Honda untuk memberikan nilai lebih dalam hal keselamatan. Mulai dari airbags dikedua sisi baris pengemudi, sistem pengereman ABS, EBD, ESP pun telah lengkap menjamin keselamatan penumpangnya.

Price

Menyandang status sebagai SUV Premium dengan segala pembaruan yang diboyongnya, PT Honda Prospect Motor membandrol all-new CR-V mulai dari rentan harga Rp 359 juta hingga varian tertingginya yaitu Honda all-new CR-V Prestige sebesar Rp 423 juta. Dilijat dari sisi kompetitiornya, CR-V memiliki beberapa rival tangguh layaknya Mazda CX-5, Nissan X-Trail dan juga Kia Sportage Platinum.

teks/foto : stanly





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar