Senin, 19 November 2012

Porsche Boxster S - Siangun Yang Binal

Boxster punya sejarah yang cukup panjang bagi Porsche. Boxster 986 yang lahir pada 1996 menjadi mobil jalan raya Porsche yang hadir dengan atap terbuka setelah 550 Spyder. Dan kini setelah belasan tahun berlalu, roadster legendaris Jerman itu muncul lagi bahkan masuk secara resmi ke Indonesia melalui PT Eurokars Artha Utama.

Lebih elegan, lebih confort, lebih ringan, tapi punya tenaga yang tetap galak. Itu kesan kami saat berkencan singkat dengan New Porsche Boxster S beberapa waktu lalu".

 Kalau Anda tidak paham tentang sejarah Porsche Boxster, mungkin sulit menilai apa yang baru dari desain New Porsche Boxster S dibanding pendahulunya. Padahal, seperti juga pabrikan otomotif Jerman lain, banyak detil-detil desain yang diperhatikan sebagai penyempurna dari pendahulunya.
 Contohnya, jarak sumbu roda kini (wheelbase) melar 60 mm. Lebar tapak depan juga bertambah 40 mm sementara pada bagian belakang 18 mm. Kaca depan lebih datar dan dipasang pada kira-kira 100 mm lebih jauh ke depan, secara keseluruhan Porsche Boxster S 2012 juga lebih rendah 13 mm dibanding pendahulunya dengen keseluruhan bodi yang lebih panjang 32 mm. Apa efek dari semua itu? jelas kenyamanan penumpang di dalamnya.

Dari segi estetika dan seni desain, New Porsche Boxster S mempertahankan tradisi sebagai roadster Eropa yang berukuran ringkas. Hanya saja desain garis bahu kini terlihat membentang dari sayap depan yang melengkung ke atas hingga ke bagian samping belakang yang mengesankan karakteristik lekukan bodi baru yang lebih dinamis. Front facia New Boxster didominasi oleh celah radiator melintang dan lampu depan yang besar. Headlamp juga pakai desain baru dengan disematkan teknologi halogen serta Bi-Xenon. Sementara LED lamp jadi pemanis pada bagian air intake yang akan menyala setiap mesin mobil aktif.

Dibagian sisi, Porsche Boxster S 2012 dijejalkan velg 20 inci model jari-jari yang elegan dengan kaliper rem berkelir merah yang sangat eye catching. Tak hanya itu,masih ada desain kisi-kisi bodi yang baru, sementara dibagian belakang tidak ada lagi selubung kompartemen convertible-top apa pun. Bagian soft top akan melipat sempurna tepat dibelakang jok pengemudi dan penumpang.

Sementara itu lampu belakang terhubung melalui bagian tepi yang menonjol, yang merentang ke seluruh lebar kendaraan. Rearlamp semuanya didesian ulang dan menggunakan teknologi LED. Bentuknya makin sexy tapi tak lupa menonjolkan kesan futuristik.  Dengan atap yang bisa membuka dalam 9 detik, maka kabin Porsche Boxster S 2012 akan dalam sekejap terlihat. Wow... begitu impresi pertama kami tatkala melihat interior dari mobil dua pintu dua penumpang ini. Warna merah menyala yang jadi tema kabin benar-benar dibuat mencolok. Kesan sporty benar-benar ditonjolkan, aksen silver ada dibeberapa sudut seperti sebagian lingkar stir, dashboard, dorrtrim.

Light Comfort Package menciptakan suasana yang sangat istimewa dalam warna cahaya putih terang. Ini diperoleh dengan memasang sumber cahaya khusus dalam konsol di atas kepala, kaca spion, pintu dan di ruang bagasi. Lampu LED memberi efek khusus pada desain interior. Penerangan di kompartemen penumpang dapat disesuaikan secara beragam. Peredupan cahaya dapat diatur secara individual dengan menggunakan panel instrumen.


Mengagumi desain Porsche Boxster S 2012 memang tak puas tanpa mencicipi bagaimana performa yang tersembunyi dibalik kap mesin dibagian belakang. Bermodal mesin 3.4-liter 6 silinder, Porsche Boxster S 2012 dipercaya bisa meluapkan daya hingga 315 hp pada 6.700 rpm dengan torsi puncak 360 Nm di 4.500-5.500 rpm.

Catatan diatas kertas itu memang cukup sulit dibuktikan dijalan raya negara ini, mengingat tingginya traffic pada hari kerja. Namun dengan sedikit mencicipi saat ada di jalan bebas hambatan, setidaknya kami mendapat sedikit gambaran tentang galaknya mesin Porsche Boxster S 2012.

Geser tuas transmisi di posisi "D", injak pedal gas perlahan, maka Porsche Boxster S berkelir GT Silver Metallic yang kami uji berjalan lembut. Jujur saja dengan gaya mengemudi santai, Porsche Boxster S bak sebuah sedan premium yang masih kompromi untuk digunakan dihari kerja. Suspensi tidak terlalu rigid, handling masih cukup nyaman, dan bukaan gas juga tidak terlalu menyentak seperti saat menggunakan supercar di jalan perkotaan.

http://otomotif.bosmobil.com/The_Sexy_Elegant__Porsche_Boxster_S_2012-b-4380.html?dc=2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar