Senin, 23 April 2012

Proton Neo CPS Sporty Edition - Street Racing Negeri Jiran



BosMobil.com - Meski sedikit ditanggapi miris oleh para pecinta otomotif di Indonesia, namun kehadiran varian hatchback dua pintu yang ditawarkan oleh PT. Proton Edar Indonesia melalui New Neo CPS Sporty Edition memang wajib untuk diperhitungkan.

Pasalnya, Proton New CPS Sporty Edition tak hanya megandalkan tampilan sporty dengan segala atribut karbon dan postur yang aerodinamis saja, namun adanya teknologi handling dan performa mesinya yang tangguh, ternyata cukup menggoda ketika mengendarainya.

Hal ini dibuktikan saat tim BosMobil menjajal si Sporty Neo CPS ini melaju di Jalur Selatan menuju kota Yogyakarta beberapa waktu lalu. Sensasi luapan tenaga dari bawah hingga putaran atas yang dikeluarkan dari mesin CamPro CPS 4-silinder berisi 1.597 cc yang telah dimodifikasi dengan mesin R3 Programmable ECU dan diklaim memiliki tenaga hingga 129Hp/6500 Rpm juga torsi sebesar 162Nm/4000 Rpm ini cukup membuat kami terpesona.

Saat melaju di Tol, putaran bawahnya cukup beringas dan berisi, bahkan ketika mengejar top speed di gigi 5, Neo CPS mampu mendorong kami hingga menyentuh angka 180km/jam dengan mulus. Sebelumnya kami pun sempat menghitung, hanya dibutuhkan sekitar 9,8 detik saja untuk mendapatkan akselerasi dari titik 0 hingga 100.

Kenikmatan lainya juga kami dapatkan ketika bermanuver dengan Proton Neo Sporty Edition ini. Tubuhnya yang aerodinamis membuat Neo memiliki keuntungan untuk membelah angin dengan sangat baik, bahkan stier yang sedikit berat ternyata mampu menjaga kestabilan mobil. Layakya berselancar, tanpa ada efek limbung dan gejala oversteer tikungan-tikungan landai Tol Cipularang pun mampu kami libas dengan kecepatan di atas 100 km/jam. Ini lah kelebihan lain yang disandang oleh Proton Neo Sporty Edition. Selain dari bentuk dan desain ala racing car, juga performa mesin yang mantab dikelasnya, adanya pengembangan sektor bodi, rangka hingga kaki-kaki oleh Lotus menjadikan nilai lebih yang memberikan kenikmatan ketikan mengajak si Neo ini bermanuver.

Minus yang kami dapatkan adalah masalah konsumsi bahan bakar yang tergolong lumayan boros. Total kami mendapatkan angka 8,3 liter per 100 kilometer saat melintas di jalur bebas hambatan, sedangkan ketika di dalam kota, kami mendaptkan angka 7,1 liter per 100 kilometer. Tapi, hal ini sangat wajar, mengingat mobil ini memang diciptakan untuk mengedepankan unsur performanya.

Bicara soal desain dan atribut, Proton Neo CPS Sporty Edition yang dibandrol dengan harga Rp 229 juta ini memang tak hanya mengandalakan tampilan luar saja, namun bagian interior juga dirancang sedemikian rupa untuk menampilkan aroma sportynya. Mulai dari jok semi balap dengan balutan kulit bermotif hitam dan merah, ruang kaki yang luas dibagian depan, tuas transmisi ala titanium dan juga tatanan dasboard yang terbilang sangat minimalis.


Lupakan masalah car entertainment, karena Proton menciptakan mobil ini memang untuk memberikan kenikmatan sensasi berkendara yang lebih menonjolkan performa mesin dan sisi handling yang baik, bukan dari kemewahan fitur dalam kabin. Walau begitu, sebagai syarat Proton tetap memberikan kelengkapan sistem audio single CD lengkap dengan empat buah speakernya.



Dibandrol dengan harga yang cukup kopetitif, Proton Neo CPS Sporty Edition rasanya pantas menjadi perhitungan bagi para pecinta kecepatan. Belum lagi ditambah dengan desain dua pintunya yang benar-benar menunjukan jadi diri sebagai hatchback sporty sejati.

teks/foto : Stanly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar