Jumat, 27 April 2012

New Honda CR-V 2012 - Makin Mewah Meski Serupa

BosMobil.com, Jakarta - Setelah sebelumnya marak diberitakan mengenai varian  penyegaran dari New Honda CR-V, akhirnya Honda Prospect Motor pun resmi meluncurkanya di Jakarta kemarin.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda terhadap fresh line up dari New Honda CR-V yang hanya mendapatkan beberapa tambahan saja, simak ulasan bedah ringan mengenai beberapa pembaruan yang dilakukan HPM.

Bicara mengenai desain, tak ada bedanya dengan varian terdahulu. Hanya CR-V 2.4L yang sekarang keluar memiliki penambahan dibeberapa sektor eksterior. Mulai dari front grille dengan chrome finishing yang makin membuatnya terlihat fresh. Tampilan elegan CR-V makin ditegaskan dengan adanya sentuhan aksen chrome garnish pada bagian fog lamph dan juga warna baru di bagian lower body.

Bagian belakang juga tak ada desain special yang dihadirkan oleh Honda selain adanya penambahan tailgate spoile yang memberikan kesan aerodinamis dan juga pipa exhaust yang dilapis kilau chrome. Masuk kebagian kabin, tata letak yang diusung oleh New Honda CR-V 2.4L ini memang tak ada yang diotak-atik alias tak berubah, hanya saja adanya wood panel pada konsol tengah, depan, serta door liningnya yang merupakan bentuk pembaharuan ternyata memberikan kesan mewah pada New Honda CR-V.

Walau memiliki tampang yang sedikit serupa dengan yang dahulu, namun Honda membayarnya dengan memberikan penambahan fitur-fitur modern sebagai pelengkap dari versi sebelumnya. Fitur yang dimaksud disini lebih mengarah pada sisi entertainment berupa instalasi audio yang kini telah menggunakan Head Unit 2 DIN baru dengan layar sentuh berdimensi 6,1" lengkap dengan front USB interface, variable color illumination dan compatible degan DVD R/RW, JPEG/MPEG, MP3/WAV/WMA, Builtin bluetooth, made for iPod & iPhone.

Rasanya cukup itu saja yang saat ini ditawarkan oleh Honda untuk New CR-V nya. Mengenai harga, New Honda CR-V 2.4L di bandrol dengan harga on the road wilayah Jabodetabek sebesar Rp 389.500.000.

 teks/foto: Stanly

Selasa, 24 April 2012

Menilik si Gagah New Toyota Land Cruiser 200

Kebesaran nama Land Cruiser memang telah cukup melegenda dikancah dunia otomotif, di Indonesia sendiri Land Cruiser telah hadir sejak 40 tahun yang lalu melalui Land Cruiser FJ-40nya.

Kini, guna mengulang kembali masa kejayaannya Toyota secara resmi mengeluarkan fresh line up dari New Toyota Land Cruiser 200 di tanah air yang telah resmi diluncurkan pada Selasa 17 April kemarin. Untuk itu rasanya tidak salah kalau kita coba sedikit bedah apa saja yang di boyong oleh si bongsor ini.

Walau datang sebagai varian penyegaran alias minor change, namun dress up yang dilakukan Toyota ternyata cukup membuat New Land Cruiser ini tampil beda, karena selain dari bentuk bumper depan-belakang yang turut diperbaharui, New Front Combination lamp yang telah menggunakan sistem LED juga turut disematkan.


Bicara keseluruah eksterior, Land Cruiser memang memiliki bentuk desain yang besar dan terlihat kokoh. Namun hal itu akan anda tepis ketika anda memasuki ruang kabinya yang tampil ala luxury look layaknya sebuah sedan mewah. Balutan kulit pada bagian jok dan ornamen bercorak kayu yang menghiasi bagian dashboard benar-benar menghilangkan kesannya sebagai mobil yang identik dengan perjalanan keras.

Unsur kenyamanan sangat dikedepankan, mulai dari panel-panel control yang menempel di bagian stier hingga memberikan kemudahan bagi pengendaranya, high technology system sampai dengan JBL Synthesis audio system lengkap dengan monitor display berdimensi 9" dan juga 14 unit speaker.

Tampang besar dan kentalnya aroma sebagai mobil penjelajah rupanya membuat Toyota turut melengkapinya dengan transmisi otomatis enam percepatan dan mesin Diesel Common Rail V8 twin turbo yang memiliki kapasitas 4.500cc. Tak hanya itu saja yang ditawarkan, kegagahan dapur pacunya juga turut didukung dengan fitur VSC, Multi Terrain ABS juga Hill-startAssist Control Toyota Land Cruiser.

Bahkan untuk makin memberikan pilihan para konsumennya, New Toyota Land Cruiser yang dibandrol sebesar Rp 1,475 M untuk varian full specnya ini datang dengan 10 pilihan warna menarik, yang mana tiga diantaranya merupakan warna baru yaitu, White Pearl CS, LT Blue MM dan juga Black MM.

 teks/foto: *stanly

Senin, 23 April 2012

Proton Neo CPS Sporty Edition - Street Racing Negeri Jiran



BosMobil.com - Meski sedikit ditanggapi miris oleh para pecinta otomotif di Indonesia, namun kehadiran varian hatchback dua pintu yang ditawarkan oleh PT. Proton Edar Indonesia melalui New Neo CPS Sporty Edition memang wajib untuk diperhitungkan.

Pasalnya, Proton New CPS Sporty Edition tak hanya megandalkan tampilan sporty dengan segala atribut karbon dan postur yang aerodinamis saja, namun adanya teknologi handling dan performa mesinya yang tangguh, ternyata cukup menggoda ketika mengendarainya.

Hal ini dibuktikan saat tim BosMobil menjajal si Sporty Neo CPS ini melaju di Jalur Selatan menuju kota Yogyakarta beberapa waktu lalu. Sensasi luapan tenaga dari bawah hingga putaran atas yang dikeluarkan dari mesin CamPro CPS 4-silinder berisi 1.597 cc yang telah dimodifikasi dengan mesin R3 Programmable ECU dan diklaim memiliki tenaga hingga 129Hp/6500 Rpm juga torsi sebesar 162Nm/4000 Rpm ini cukup membuat kami terpesona.

Saat melaju di Tol, putaran bawahnya cukup beringas dan berisi, bahkan ketika mengejar top speed di gigi 5, Neo CPS mampu mendorong kami hingga menyentuh angka 180km/jam dengan mulus. Sebelumnya kami pun sempat menghitung, hanya dibutuhkan sekitar 9,8 detik saja untuk mendapatkan akselerasi dari titik 0 hingga 100.

Kenikmatan lainya juga kami dapatkan ketika bermanuver dengan Proton Neo Sporty Edition ini. Tubuhnya yang aerodinamis membuat Neo memiliki keuntungan untuk membelah angin dengan sangat baik, bahkan stier yang sedikit berat ternyata mampu menjaga kestabilan mobil. Layakya berselancar, tanpa ada efek limbung dan gejala oversteer tikungan-tikungan landai Tol Cipularang pun mampu kami libas dengan kecepatan di atas 100 km/jam. Ini lah kelebihan lain yang disandang oleh Proton Neo Sporty Edition. Selain dari bentuk dan desain ala racing car, juga performa mesin yang mantab dikelasnya, adanya pengembangan sektor bodi, rangka hingga kaki-kaki oleh Lotus menjadikan nilai lebih yang memberikan kenikmatan ketikan mengajak si Neo ini bermanuver.

Minus yang kami dapatkan adalah masalah konsumsi bahan bakar yang tergolong lumayan boros. Total kami mendapatkan angka 8,3 liter per 100 kilometer saat melintas di jalur bebas hambatan, sedangkan ketika di dalam kota, kami mendaptkan angka 7,1 liter per 100 kilometer. Tapi, hal ini sangat wajar, mengingat mobil ini memang diciptakan untuk mengedepankan unsur performanya.

Bicara soal desain dan atribut, Proton Neo CPS Sporty Edition yang dibandrol dengan harga Rp 229 juta ini memang tak hanya mengandalakan tampilan luar saja, namun bagian interior juga dirancang sedemikian rupa untuk menampilkan aroma sportynya. Mulai dari jok semi balap dengan balutan kulit bermotif hitam dan merah, ruang kaki yang luas dibagian depan, tuas transmisi ala titanium dan juga tatanan dasboard yang terbilang sangat minimalis.


Lupakan masalah car entertainment, karena Proton menciptakan mobil ini memang untuk memberikan kenikmatan sensasi berkendara yang lebih menonjolkan performa mesin dan sisi handling yang baik, bukan dari kemewahan fitur dalam kabin. Walau begitu, sebagai syarat Proton tetap memberikan kelengkapan sistem audio single CD lengkap dengan empat buah speakernya.



Dibandrol dengan harga yang cukup kopetitif, Proton Neo CPS Sporty Edition rasanya pantas menjadi perhitungan bagi para pecinta kecepatan. Belum lagi ditambah dengan desain dua pintunya yang benar-benar menunjukan jadi diri sebagai hatchback sporty sejati.

teks/foto : Stanly